Juara 2 Kompetisi Rekayasa Kualitas Teknik Industri

21 Jan 2020

Tiga mahasiswa Prodi Teknik Industri dan Program International Business Engineering (IBE) berhasil menjadi juara ke-2 dalam kompetisi tingkat nasional, yaitu Kompetisi Rekayasa Kualitas Teknik Industri. Bertinus Enrico Rahardjo, Victor Chiarouven, dan Hans telah sukses membawa nama harum Universitas Kristen Petra melalui bersaing dengan banyak tim mahasiswa lainnya dari perguruan tinggi lainnya se-Indonesia.  Kompetisi ini diadakan oleh Universitas Trisakti pada tanggal 6-7 November 2019 dengan tema "Quality Engineering and Data Mining in Service Industry".

Peningkatan kualitas dalam industri sangat diperlukan, mulai dari mengidentifikasi indikator kualitas, memonitor, dan mengukur hasilnya dengan fokus pada peningkatan proses dan produk sehingga tingkat kualitas dari hasil yang dicapai akan meningkat. Adapun keuntungan yang diperoleh industri ketika melakukan quality improvement adalah meningkatkan kualitas pelanggan, meningkatkan nilai jual produk, mempebesar market share, mengurangi waste dalam proses, dan lainnya.

Sedangkan konsep Data Mining digunakan dalam mengelola data industri, memudahkan aktifitas recording suatu transaksi, memberikan informasi yang akurat bagi penggunanya, dan untuk menganalisa data/pola dan kecerdasan bisnis (business intelligence), serta merupakan alat yang penting untuk memanipulasi data untuk penyajian informasi sesuai kebutuhan user dengan tujuan untuk membantu dalam proses analisis. Informasi atau knowledge yang dihasilkan dari data mining digunakan untuk pengambilan keputusan ataupun kebijakan-kebijakan yang baru.

Selamat Bertinus, Victor, dan Hans.

Kiranya prestasi yang telah diraih teman-teman kita juga dapat mendorong mahasiswa lainnya untuk semakin berani dan memiliki kepercayaan diri dalam mengikuti kompetisi-kompetisi lainnya.  


Close previewer