Publikasi

Juara 2 Kompetisi Rekayasa Kualitas Teknik Industri
14 Nov 2019

Tiga mahasiswa Prodi Teknik Industri dan Program International Business Engineering (IBE) berhasil menjadi juara ke-2 dalam kompetisi tingkat nasional, yaitu Kompetisi Rekayasa Kualitas Teknik Industri. Bertinus Enrico Rahardjo, Victor Chiarouven, dan Hans telah sukses membawa nama harum Universitas Kristen Petra melalui bersaing dengan banyak tim mahasiswa lainnya dari perguruan tinggi lainnya se-Indonesia.  Kompetisi ini diadakan oleh Universitas Trisakti pada tanggal 6-7 November 2019 dengan tema "Quality Engineering and Data Mining in Service Industry".

Peningkatan kualitas dalam industri sangat diperlukan, mulai dari mengidentifikasi indikator kualitas, memonitor, dan mengukur hasilnya dengan fokus pada peningkatan proses dan produk sehingga tingkat kualitas dari hasil yang dicapai akan meningkat. Adapun keuntungan yang diperoleh industri ketika melakukan quality improvement adalah meningkatkan kualitas pelanggan, meningkatkan nilai jual produk, mempebesar market share, mengurangi waste dalam proses, dan lainnya.

Sedangkan konsep Data Mining digunakan dalam mengelola data industri, memudahkan aktifitas recording suatu transaksi, memberikan informasi yang akurat bagi penggunanya, dan untuk menganalisa data/pola dan kecerdasan bisnis (business intelligence), serta merupakan alat yang penting untuk memanipulasi data untuk penyajian informasi sesuai kebutuhan user dengan tujuan untuk membantu dalam proses analisis. Informasi atau knowledge yang dihasilkan dari data mining digunakan untuk pengambilan keputusan ataupun kebijakan-kebijakan yang baru.

Selamat Bertinus, Victor, dan Hans.

Kiranya prestasi yang telah diraih teman-teman kita juga dapat mendorong mahasiswa lainnya untuk semakin berani dan memiliki kepercayaan diri dalam mengikuti kompetisi-kompetisi lainnya.  

Baca lebih lanjut>
IBE's Marathon Games in Cita Hati High School
18 Des 2019

To introduce IBE UK Petra to high school students, on December 18th lecturers with around 20 students visit Cita Hati High School-East Cost, located in Jl. Raya Laguna KJW Putih Tambak No.26-30. But, this is not a usual promotion, since we use 5 mini-games made by students and 2 outdoor-games as part of the promotion. 

The event start at 10am, opened by presentation from IBE's Head of Programme, Mrs. Indri Njoto Bisono,Ph.D. Around 80 Cita Hati students that already divided into groups of 4 participating in the games, around 90 minutes. Moreover, the scores are collected to get the winners. After closing both from Cita Hati Lecturers and IBE, all students got booklets and Go-green silver straw from IBE. 

Thank you Cita Hati for the open doors to be introduced to International Business Engineering UK Petra!  

For more videos from the event:Please check :  https://www.instagram.com/p/B6M1zJqlgPd/?igshid=4ibwtyz36dfc

Baca lebih lanjut>
IBE Performance
06 Des 2017

IBE Performance pada kuliah International Business Culture di Petra Little Theater.

Baca lebih lanjut>
MyAmerica Visit
29 Nov 2017

Mengenali budaya Amerika lewat kunjungan ke U.S. Consulate General Surabaya. Kunjungan ini merupakan bagian dari kuliah International Business Culture.

Dokumentasi dari MyAmerica Surabaya dapat diunduh di sini.

Baca lebih lanjut>
Kuliah Lapangan : IBE ke Mall!
17 Nov 2017

Kuliah Introduction to Industrial Engineering adalah kuliah yang memberikan materi tentang filosofi mengenai apa yang akan dikerjakan sebagai seorang Teknik Industri dan teknik-teknik dasar dalam perancangan, instalasi, dan pengembangan sistem yang terintegrasi dalam dunia industri. Salah satu sasaran industri yang penting adalah kualitas. Pada perkuliahan Introduction to Industrial Engineering tanggal 30 Oktober 2017, mahasiswa IBE diajak untuk berkunjung ke salah satu mall di Surabaya untuk melakukan pengamatan kecil di industri jasa. Mahasiswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil dan diminta untuk mengamati dua industri jasa, dari pengamatan tersebut, mahasiswa diminta untuk mengisi daftar pertanyaan dan pengamatan seperti dimensi kualitas, kemungkinan kegagalan dalam menjaga kualitas yang ditetapkan serta pengembangan apa saja yang dapat mereka pikirkan secara sederhana. Setelah itu, dari hasil tersebut, mahasiswa melakukan diskusi dengan dosen. Tujuan perkuliahan di luar ruang kelas ini adalah membentuk pola pikir mahasiswa untuk tidak hanya berpikir secara teoritis saja (text book) tetapi mengerti apa relevansi dari teori yang ada di buku dengan kenyataan di industri, terutama industri jasa. Selain itu, perkuliahan seperti ini akan membuat mahasiswa melepaskan sejenak kejenuhan dan membuat mereka lebih semangat dan antusias dalam berkuliah.

Baca lebih lanjut>
Menampilkan 1-5 dari 5 item.