Sejarah

Pada awal tahun 2015, Dr. Indriati Bisono mempunyai suatu visi bahwa mahasiswa lulusan Teknik Industri UK Petra akan dapat berkarya dalam dunia internasional. Beliau percaya bahwa dengan suatu pendidikan yang tepat, visi tersebut pasti dapat tercapai. Beliau mendiskusikan ide tersebut dengan Prof. Rolly Intan (Rektor Universitas Kristen Petra pada masa tersebut) dan dosen-dosen di Fakultas Teknologi Industri yang lain untuk membuat suatu program yang menghasilkan sarjana dengan wawasan yang luas dan dalam.

Setelah melewati penggodokan selama beberapa tahun, pada tahun akademik 2017/2018 Program Studi Teknik Industri Universitas Kristen Petra dengan bangga meluncurkan International Business Engineering (IBE) sebagai Program terbarunya yang bersifat internasional. Program ini dibuat untuk menjawab tantangan global yang dinamis serta meraih kesempatan-kesempatan di masa mendatang di mana manusia akan bekerja sama dengan berbagai program dan mesin (robot) di dunia yang tak mengenal batas, dan data bertumbuh secara eksponensial.

Masa pandemi Covid-19 (di tahun 2020) membuktikan bahwa dunia industri dan bisnis akan terus beradaptasi dan banyak bidang pekerjaan yang akan mengalami perubahan. Secara khusus, pandemi ini akan mempercepat perpindahan ke masa Industri 5.0. Program IBE dirancang untuk melahirkan sarjana yang mempunyai keilmuan mendalam di bidang teknik (khususnya Teknik Industri dengan kombinasi Teknik Informasi) dan mempunyai wawasan luas di dunia bisnis, terutama yang “baru”.