Acara

03
Des
2018
Studi Ekskursi : PT Insera Sena (Sepeda Polygon)

Kelas IBE mengunjungi Insera Sena yang adalah produsen sepeda Polygon, merupakan perusahaan lokal Indonesia yang telah memproduksi banyak brand luar negeri yang produknya sangat banyak diekspor. Sebagai produsen sepeda yang memproduksi city bike hingga professional bike, produk sepeda Polygon memiliki harga dengan range yang beragam, mulai dari 1jt-an hingga 100 juta rupiah. Kegiatan dimulai dengan presentasi dari Tim Polygon, yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Siswa kemudian mengunjungi pabrik polygon untuk mempelajari tahapan proses pembuatan sepeda,yang diakhiri sesi test drive beberapa sepeda Polygon. 

Baca lebih lanjut >
26
Nov
2018
Pengembangan Karakter : Kelas Entrepreneur

Menjadi Entrepreneur adalah suatu trend yang sangat diminati oleh generasi milenial, baik untuk memulai usaha yang benar-benar baru, atau mengembangkan bisnis keluarga. Seorang Entrepreneur memiliki independensi finansial, namun tidak dipungkiri terdapat resiko yang harus berani untuk ditanggung.

Kelas pengembangan karakter belajar dari Daniel Christian Tarigan, SH, MM -seorang dosen dan pemilik Quick &' Clean Laundry Makassar yang 4 tahun lalu hampir bangkrut dan tidak mampu membayar gaji setengah dari karyawannya -namun April 2018 memenangkan Indonesia Best Practices Laundry Awards (IBPLA) 2018. Beliau berpesan bahwa untuk sukses menjadi Entrepreneur, seseorang harus mampu memproyeksikan bisnis apa yang akan sukses di masa depan (misal : 5 tahun lagi) -sehingga paling lambat 5 tahun lagi keuntungan dapat diperoleh sesuai prediksi --adalah terlambat jika membuat suatu bisnis dengan pola pikir trend apa yang akan sukses di masa sekarang. 

Melalui kelas ini, mahasiswa mendapat insight baru tentang entrepreneurship, dan bagaimana menjadi entrepreneur dapat menjadi cara untuk bisa survive dalam kondisi ekonomi yang tidak selalu pasti

Baca lebih lanjut >
22
Nov
2018
Studi Ekskursi : PT.Campina Indonesia Ice Cream Industry

Kunjungan mahasiswa kali ini adalah ke PT.Campina Indonesia, yang merupakan brand asli lokal indonesia yang lahir di Surabaya pada tahun 1972, yang kini telah berkembang pesat menjadi salah satu produsen es krim lokal terbesar di Indonesia. Seluruh mahasiswa yang memasuki kawasan Campina pertama-tama diajak untuk mengetahui Company Profile dan alur proses produksi dari Campina, yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara mahasiswa dan Campina. Acara dilajutkan dengan melakukan tur ke beberapa stasiun kerja, termasuk ke warehouse yang dijaga suhunya berkisar -19 C, dimana jaket khusus disediakan untuk seluruh peserta. Studi ekskursi ini bermanfaat untuk para mahasiswa untuk melihat industri secara langsung, dan membandingkan materi-materi yang diperoleh di dalam kelas. Acara kemudian diakhiri dengan makan es krim Campina yang diberikan secara gratis. Terimakasih PT.Campina Indonesia!

 

Baca lebih lanjut >
17
Okt
2018
Pengembangan Karakter : Lebih dekat dengan alam di Taman Safari Prigen

Kelas Pengembangan Karakter IBE kali ini melakukan kunjungan ke Taman Safari Prigen yang merupakan cagar alam terbesar se-Asia. Tujuan kunjungan ini adalah untuk mengenal alam lebih jauh dan meningkatkan soft skill terutama dalam hal bekerjasama. Setelah melakukan kunjungan reguler melihat berbagai flora dan fauna, seluruh mahasiswa turun dari Bus dan melakukan kegiatan outbound. Mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok, dan beberapa games dilakukan yang bertujuan melatih kecepatan dalam mencari solusi, dan bekerjasama dalam tim. Selain memberikan banyak tawa dan berbagai pengalaman yang menyenangkan,kegiatan tersebut juga telah meningkatkan kekompakan antar mahasiswa IBE

Baca lebih lanjut >
04
Mei
2018
Innovation Talk 2018

Innovation Talk, kegiatan talkshow yang diadakan oleh Program Studi Teknik Industri pada hari Jumat, 4 Mei 2018 ini, merupakan bagian dari rangkaian acara menyambut Dies Natalis Teknik Industri ke-26. Dr. Markus Waechter (Managing Director of TUM Asia) dan Drs. Kresnayana Yahya, M.Sc (Enciety Business Consult) menjadi narasumber, serta Bapak I Gede Agus Widyadana, Ph.D menjadi moderator dalam kegiatan ini. Kegiatan talkshow kali ini dihadiri oleh 128 mahasiswa dari berbagai jurusan di Universitas Kristen Petra, peserta dari berbagai perusahaan, serta alumni Teknik Industri.

Topik yang disajikan dalam Innovation Talk mengenai revolusi terbaru di dunia industri, yakni Industrie 4.0, khususnya dalam melihat dan memanfaatkan berbagai peluang dan tantangan yang akan dihadapi di Industrie 4.0. Dr. Markus Waechter menjelaskan bahwa Industri 4.0 erat kaitanya dengan istilah Internet of things (IOT), berbagai pengaplikasian dan tantangan yang akan dihadapi dalam era Industri 4.0. Melanjutkan pembahasan tersebut, Drs. Kresnayana Yahya, M.Sc menjelaskan tentang keadaan riil industri di Indonesia saat ini dan pentingnya peranan big data untuk menunjang revolusi industri di Indonesia. Inovasi-inovasi baru juga diperlukan untuk menjadi terobosan yang dapat membangkitkan kondisi industri yang ada saat ini. Beliau mendorong setiap peserta untuk berpikir “out of the box”, tetapi “without the box”.

Baca lebih lanjut >
28
Nov
2017
My America Visit!

Ada yang berbeda di perkuliahan International Business Culture kali ini!

Pada tanggal 28 November mendatang, mahasiswa IBE akan berkunjung ke Duta Besar Amerika (MyAmerica) yang berada di Surabaya. Tujuan dari kunjungan ini adalah supaya mahasiswa IBE dapat mempelajari dan mengenal budaya Amerika. Dalam kegiatan ini, mahasiswa dapat menemukan dan membaca koleksi buku-buku dan multimedia tentang Amerika. Selain itu, akan ada diskusi dengan tim yang ada di Duta Besar Amerika untuk mengenal lebih jauh tentang budaya Amerika.

Baca lebih lanjut >
23
Okt
2017
Kuliah tamu: Logistics and Supply Chain Management; Make things happen!

Kuliah Introduction to Industrial Engineering pada tanggal 23 Oktober 2017 akan diisi oleh dosen tamu Professor Terrence Perera dari Sheffield Hallam University, United Kingdom. Beliau akan mengupas kompleksitas dan tantangan yang meliputi desain, manajemen dan operasional rantai pasok dan logistik.

 

Abstract

Behind every event, product and service there is a supply chain. Organising the right supply chain and efficient logistics are incredibly challenging as most supply chains span across the globe. The ultimate aim of any supply chain is to maximise the overall customer satisfaction.

Taking a range of examples, this presentation will introduce complexities and challenges involved in the design, management and operation of supply chains and associated logistics. Following the introduction, the presentation will illustrate how modern management tools, new technologies and IT solutions are deployed to produce effective and efficient supply chains.

There is a global skill shortage and companies are struggling to recruit graduates and professionals with appropriate logistics and supply chain management skills. This presentation will therefore conclude with a discussion on alternative learning paths available to develop core skills.

 

Speaker profile

Professor Terrence Perera is a well-known academic, researcher and consultant in the area of computer modelling and simulation. He has more than 25 years of experience in developing and delivering research and knowledge transfer projects in a range of industries including, aerospace, automotive, healthcare, food, postal services and logistics/ supply chain sectors. His clients include BAE Systems, Siemens, Bosch, Sweden Posten, Sheffield Children’s Hospital and Fosters Bakery.

Professor Perera is one of the key architects of the MSc Logistics and Supply Chain Management course, accredited by the Charted Institute of Logistics and Transport, delivered at Sheffield Hallam University. He is also a Visiting Professor of Logistics and Supply Chain Management at several universities.

Professor Perera graduated from the University of Moratuwa, Sri Lanka, in Mechanical Engineering. He then proceeded to the University of Strathclyde, Scotland, to complete his doctoral programme. He is currently the Assistant Dean of Portfolio and Partnerships at Sheffield Hallam University.

Baca lebih lanjut >
12
Sep
2017
Kuliah Tamu untuk International Business Culture Class

Kuliah Tamu oleh Bapak Reimund Schmidth, Direktur PT. E-T-A Indonesia

Bapak Reimund Schmidth membagikan 20 tahun pengalamannya tinggal di Indonesia dengan segala perbedaan budaya dengan Jerman (negara asal beliau).

Beliau mengatakan bahwa dirinya tidak mengalami culture shock ketika pertama kali sampai di Surabaya, Indonesia. Hal ini dikarenakan, tepat setelah beliau menyelesaikan pendidikannya di universitas di Jerman, beliau berkesempatan untuk bekerja di India. Beliau belajar banyak budaya Asia di India. Terdapat banyak perbedaan antara budaya Eropa dan Asia, namun bagi Bapak Reimund, perbedaan ini justru menarik. Salah satu kunci kesuksesan dalam bisnis internasional adalah memahami budaya lain. 

 

 

 

 

 
Baca lebih lanjut >
08
Sep
2016
Launching IBE

Atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Kasih, Program International Business Engineering (IBE) resmi diluncurkan pada tanggal 8 September 2016 di Sheraton Hotel Surabaya.

Satu persatu undangan yang terdiri dari orang tua siswa SMA yang tertarik dan berminat masuk IBE, wakil dari beberapa SMA ternama di Surabaya, alumni dari berbagai angkatan, dan pejabat UKP yaitu Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik, Dekan FTI memasuki ruangan. Suasana temu alumni mewarnai selasar Ballroom Sheraton, sementara orang tua calon mahasiswa didampingi oleh dosen-dosen TI yang menjelaskan hal-hal yang ingin diketahui para ortu tentang IBE.

Pembawa acara, ibu Felecia, membuka acara utama dengan memperkenalkan peserta, dilanjutkan dengan penjelasan singkat tentang latar belakang, goal dan mimpi IBE oleh Kaprodi TI. 'Melahirkan alumni yang berkelas dunia' adalah mimpi kami, salah satunya dengan mendirikan IBE - nurturing world-class leaders. Selanjutnya 'conversation with experts and academica' yang membahas seputar what-why-how IBE digelar dipandu oleh ibu Fanni Lesmana, dosen Ilmu Komunikasi UKP.

Acara puncak launching ditandai dengan pemutaran video launching oleh Rektor disaksikan WR1, Dekan FTI dan Kaprodi TI. Selamat, IBE! Selamat meluncur untuk melayani pendidikan bertaraf internasional di era globalisasi ini.

Baca lebih lanjut >
Menampilkan 1-9 dari 9 item.